Jumat, 12 Februari 2016

Sanggar Mindulahin " GENDANG TRADISIONAL MELAYU JAMBI "


  Gendang Tradisional Melayu Jambi
            Musik Tradisional Melayu Jambi lebih cendrung pada alat perkusi Membranofon, seperti Gendang panjang dua sisi, Rebana Siam, Rebana sike, Rebana Rangguk, Beduk, Tabuh, Kompangan, dan Marawis. Dari masing-masing instrument ini teknik atau cara memainkan berbeda beda baik posisi maupun bunyi. Namun pada umumnya karakteristik bunyi gendang tradisional melayu Jambi, lebih cenderung pada bunyi mati seperti bunyi: duk dan tak bukan duuung… atau taaang…. Sedangkan gendang yang digunakan dari masing-masing bentuk tersebut diatas terdiri dari tiga jenis disebut;
1.      Gendang tingkah
2.      Gendang nyelalu
3.      Gendang dap

a.        Gendang tingkah atau peningkah berfungsi sebagai pemberi isian pada bagian-bagian yang kosong gendang ini memiliki ukuran lebih kecil dari gendang nyelalu.
b.      Gendang nyelalu adalah gendang dasar untuk memberi tempo, ketukan, atau mat, gendang ini lebih besar dari gendang tingkah dan lebih kecil dari gendang dap.
c.       Gendang dap adalah peredam bunyi sehingga menghasilkan bunyi yang lembut, gendang ini lebih besar ukurannya dari gendang  peningkah dan gendang nyelalu.

 

          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar