Rabu, 11 April 2012

Lukisan RAJAH ( karya Azhar. mj )

lukisan Rajah karya Azhar. Mj tahun 1997 dilukis diatas kanvas kulit kayu kemudian digarap dengan tekhnik moderen mengangkat objek yang menggambarkan masuknya peradaban Islam pada abad ke 13, beradaptasi dan berakulturasi dengan suku Melayu tua di Jambi, Jalinan dua kepercayaan ini melahirkan bentuk budaya baru antara kepercayaan terhadap dewa-dewa dan benda-benda yang dikeramatkan dengan kepercayaan yang mengagungkan asma Allah Swt. bentuk baru ini adalah Rajah yang diyakini oleh suku melayu tua sebagai pengusir setan, roh-roh jahat yang mengganggu kehidupan manusia.

Untuk penggunaan rajah yang ditulis diatas kertas, kain, kulit kayu yang kemudian ditempelkan diatas pintu rumah pada bagian dalam rumah, konon kepercayaannya dapat menolak kejahatan dan memudahkan rezeki. Rajah ada juga yang dibuat untuk ditempelkan dikamar tidur agar roh-roh jahat atau jin tidak dapat mengganggu ketika sedang tidur.

Rajah-rajah ini pada mulanya dibuat dengan simbol simbol yang terdiri dari gambar-gambar matahari, tumbuh-tumbuhan dan binatang dan kemudian ditulisi dengan tulisan Arab gundul (tanpa garis ) tulisan seperti ini di Jambi disebut tulisan Arab Melayu.

                                                     foto kukisan Rajah karya Azhar. Mj

Mata uang yang digunakan pada abad ke 13 masehi juga salah satu menjadi inspirasi dalam mewujudkan sebuah karya lukisan Rajah, dan juga pada kitab Tajam Muluk yang terdiri dari tulisan tentang ramalan-ramalan dan cara pengobatan.

                                                                mata uang tahun 1325

Tidak ada komentar:

Posting Komentar