Sabtu, 28 April 2012

tari RANGGUK


Rangguk adalah sebuah tari penyambutan tamu yang dilakukan oleh masyarakat Kab. Kerinci tempodulu. tarian ini dilakukan dilapangan terbuka atau di halaman rumah tempat dilaksanakan acara seperti acara Peresmian Perkawinan, hari-hari besar Islam maupun Nasional dan lain-lain.

Pada mulanya tari Rangguk dibawa oleh seorang Ulama besar Kab. Kerinci asal Cupak dari Arab diperkirakan pada abat ke Lima belas masehi, yang fungsinya adalah untuk penyebaran agama Islam, yang syairlagu untuk pengiring tarian tersebut diangkat dari kitab Al-Barzanji dengan judul Alla ya Maulai. lagu dinyanyikan bersama-sama oleh penari sambil memukul rebana kecil menari dengan semangat.

Musik pengiring tari Rangguk pada mulanya hanya menggunakan tiga Rebana terdiridari Rebana Tingkah, Nyelalu, dan Dap. sedang kan penari pada mulanya terdiri dari kaum laki-laki saja dengan mengangkat gerak yang menirukan gerak-gerak harimau masyarakat Kerinci menyebutnya Silat Harimau.

Komposisi tari digarap dengan menggabungkan dua unsur yakni perkawinan Arab dengan Melayu tua. dari hasil perkawinan inilah maka terjadi sebuah akulturasi budaya Melayu Tua yang bernafaskan Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar