Selasa, 03 April 2012

SEJARAH ADAT-ISTIADAT MELAYU TUA


foto Kerinci dari bukit tengah

Bismillah itu mulonyo kato, ampun baribu kali ampun, ampunlah kami kepado penghulu yang gdang batuah, sertonyo iman dingan khatib, alim dingan ulamo, lebai dingan kari, cerdik dingan pandai, tuo dingan mudo, adik dingan kakak, dusanak dingan sudaro serto orang yang banyak.

Kami menulih sejarah adat ini untuk disimak anak cucung kemudian hari, supayonyo tau apo tugas gawe Depati, Ninik mamak, Anak Jantan, karno  bukan kami uhang nan tau idak pulo uhang yang pandai Pepatah adat belumlah kami tau  Dih melayu belumlah kami paham.

Jadi apo pulo maksud dan tujuannyo, supayo adat yang lamo tertidur tabenam dilubuk dalam, mari samo-samo kito bangkitkah, supayo adat samo-samo kito pakai, tat kalo maso dulu diletakkan Nabi penghulu kito, jadi adat dingan pusko lah dipakai uhang tuo-tuo, supayo adat mak nyo nyato supayo serak maknyo nyalo.

Ado dih melayu ngato :Anak murai terbang kesasak tibo disasak makan padi dari nenek turun kemamak tibo dimamak turun kekami.

Pepatah adat mengatokan : Buruk li baganti li buruk pua jelipung tumbuh, rebah kayu aro jelatang mangkit ilang cincin permato timbul, disitu besi talantak kapapan, disitu pahat tegores kabatu, idak nyo lapuk karno hujan, idaknyo lekang karno paneh, diansak idaknyo layu dianggung idaknyo mati, tabangka dari bumi tacoreng dari langit beku didalam karang setio.

Ado dih melayu ngato :Uhang batauh diujung tanjung batang pimpin muaro ayi bulih
Rajo jauh dipanggil untung Rajo dekat dipanggil sirih.

Adopun tugas Depati Ninik Mamak serto Anak jantan,
Partamo tugas depati
Uhang yang duduk dikerjin tempat batuik tempat batanyo, yang megang lantak idak goyang yang megang cermin idak kabur yang babiang tebuk bagenting putuh. Yang megang Induk Undang Tambang teliti. Pertamo Titian teras batanggo batu, keduo Cermin gedang nan idak kabur, ketigo Lantak nan idak goyang, keempat Dak lekang dekpanas dak lapuk dek hujan, dan kelimo Kato seiyo bulat ayi dipembuluh bulat kato dekmumfakat

Kaduo tugas Ninik Mamak
Uhang yang melpih pagi menguhung petang, terhadap anak buah anak penakan, menyelesaikan silang dingan selisih cekak dengan kelahi luko dingan bapampih mati dibangun salah dihutangkan benar ditegakkan  rangkang disusun silang dipatut keruh dipejenih tejun dipenaik menurut adat melayu tuo

Katigo tugas Anak jantan
Anak jantan teganai umah diimbau cepat datang, disuruh cepat pgi  untuk menjalankan kato perintah  Depati Ninik Mamak.

Pepatah adat mengatokan: Kalulah tali tigo sepilin, tungku tigo sejerangan, disitu genting mako putus biang mako tebuk, pipih lah bulih dilayangkan bulat lah bulih digilingkan menurut adat melayu tuo ico pakai adapt kito.

Ado dih melayu ngato: Banyak seludang dalam semak limau purut dipantaikan Banyak utang ninik mamak mano yang kusut diselesaikan.

Aturan adat ini dipakai setelah masuknya agama Islam mempengaruhi suku melayu tua Kerinci pada abad ke 13 hingga sekarang peraturan adat istiadat ini terus dijalankan dan diturunkan dari periode ke periode oleh masyarakat  suku Kerinci  disebut Nuhaun Seko yang artinya menurun kan gelar atau penobatan gelar terhadap orang pilihan yang dianggap mampu dan pantas memegang  atau menyandang gelar sebagai Depati Ninik Mamak dan Anak Jantan. Adat – istiadat periode ini dtsebut : “ Adat bersendikan Sarak, Sarak bersendikan kitabullah “ yang berpegang teguh pada Hadis dan Al-Quran.

Pada abad ke 1 hingga 13 M adat yang digunakan adalah : “Jung Bajau Batu bedamai”  maksudnya adalah Kekerasan untuk kedamaian, untuk memegang gelar Depati Ninik Mamak dan Anak Jantan harus melalui aturan kekebalan tubuh dan Ilmu kebatinan yang tinggi dan Iluminatif tingkat kepercayaannya. Pada abad ini masyarakat akan patuh dan tunduk terhadap orang yang memiliki tingkat kebatinan dan kekebalan tubuh yang tinggi.
Kekuatan ini diuji dari period ke periode pada suatu tempat atau arena yang disiapkan dan disaksikan oleh halayak ramai.

Perilaku tatacara ini diperkirakan di pelopori oleh berdirinya Kerajaan Koying dari abad ke 1 masehi hingga abad ke 5 masehi yang ditulis oleh K’ang-tai dan Wan-Chen dari Wangsa Wu (208-222). dan kemudian menjadi Kerinci yang berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Korenci artinya permukiman diatas bukit atau pergunungan yang disebut orang gunung.

Pada abad sebelum masehi, adat – istiadat yang digunakan adalah : “ Bajumban besi Bajumban perak “ artinya  kekerasan untuk kesenangan, aturan aturan ini oleh Islam disebut jahiliah perbuatan menyakiti orang untuk menyenangkan diri. Kepercayaan yang dianut adalah mempercayai para dewa-dewa dan mengkeramatkan benda-benda yang dianggap keramat, batu-batuan, air, angin, pepohonan dll, kekuatan sihir adalah kekuatan yang diutamakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar